Blogs

Liburan Ke Luar Negeri, Jangan Lupakan Dokumen Ini

03 Oktober 2022, by Author

Mendekati akhir tahun, pasti banyak orang berbondong-bondong pergi berlibur untuk sekedar melepas penat sebelum menyambut tahun baru. Jika destinasi yang kamu pilih adalah luar negeri, pastikan kamu membawa semua perlengkapan yang diperlukan. Tidak hanya soal pakaian tetapi hal yang paling penting saat sedang berlibur di luar negeri yaitu dokumen pribadi.

Jadi, apa saja dokumen pribadi yang wajib dibawa saat melakukan perjalanan ke luar negeri? simak penjelasannya dibawah ini.

Kartu tanda pengenal merupakan dokumen nomor satu yang wajib di bawa. Yang dimana berfungsi sebagai identitas diri. Dengan membawa dokumen ini, petugas di negara tujuan tidak akan kesulitan memeriksa identitas jika terjadi suatu hal yang urgent dan akan memudahkan petugas memeriksa identitas diri lewat dokumen ini.

Paspor merupakan dokumen resmi yang wajib dibawa sebagai bagian dari identitas diri. Dengan paspor, seseorang dapat bepergian dari suatu negara ke negara lain. Oleh karena itu sebelum bepergian ke luar negeri hendaknya memiliki paspor yang sah dan sesuai dengan ketentuan. 

Selanjutnya dokumen yang tak kalah penting bila ingin berlibur ke luar negeri yaitu visa. Visa merupakan dokumen legal yang diberikan suatu negara kepada warga lain untuk memasuki negara tersebut. Untuk itu, beberapa negara memberikan ketentuan dan persyaratan yang cukup ketat sebelum menerbitkan visa.

Kebijakan visa akan berbeda-beda di setiap negara. Untuk itu, pastikan kamu mengetahui kebijakan terkait visa perjalanan sebelum berangkat ke negara tujuan agar tidak mendapatkan masalah.

Situasi pandemi Covid-19 masih belum benar-benar berakhir. Masih banyak negara mengharuskan pengunjung dari negara lain untuk membawa sertifikat vaksin saat berkunjung. Walaupun kebijakan terkait sertifikat vaksin ini masih sering berubah, tapi akan lebih aman jika kamu sudah menyiapkan sertifikat vaksin sebelum melakukan perjalananmu. 

Tiket perjalanan merupakan dokumen yang wajib dibawa saat kamu melakukan perjalanan. Pada era saat ini tiket sudah tersedia juga dalam bentuk e-ticket yang dimana menjadi lebih mudah.

Dokumen lain yang harus kamu siapkan yaitu asuransi perjalanan yang dimana walaupun banyak negara yang tidak mewajibkan pengunjung memiliki asuransi perjalanan, tapi dokumen ini bisa kamu siapkan untuk antisipasi jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Itulah beberapa dokumen penting yang harus kamu siapkan saat ingin berlibur ke luar negeri. Jangan lupa untuk melengkapi dokumen pribadi kamu jangan sampai ada yang terlewat.