Blogs

Enchanting Yogyakarta

22 September 2022, by Author

Yogyakarta memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Saking populernya, yogyakarta atau sering disebut Jogja ini menjadi salah satu daerah wisata yang tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan baik ketika akhir pekan atau hari biasa.

Bicara tentang yogyakarta, ada banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi selama anda berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, tempat bersejarah hingga beberapa tempat wisata lainnya yang ada di Jogja.  Yuk temukan aktivitas menarik dan seru saat kamu berlibur ke Yogyakarta!

Kemegahan Candi Borobudur yang memikat para wisatawan ini menjadi daya tarik yang ada di Jogja. Candi ini dibangun sekitar abad ke-8 dan ke-9 pada pemerintahan Syailendra.  Luas area Candi ini sekitar 123x123 meter yang terdapat 2.672 panel relief dan 504 archa Buddha menghiasi setiap dinding candi. Destinasi wisata ini dapat ditempuh sekitar satu jam saja dari Kota Jogja.

Ada banyak sekali museum yang ada si Kota Jogja ini, dibawah ini beberapa museum yang menarik untuk dikunjungi,

Museum yang beroperasi sejak akhir 2018 ini terletak di jalan  Parangtritis, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Museum ini menyuguhkan koleksi benda purbakala masa prasejarah dari kerajaan-kerajaan Tarumanegara, Majapahit, Demak Bintaro, Cirebon, dan Mataram Islam. Selain itu di museum ini dilengkapi dengan teknologi Augmented Raality (AR).

Masih berada di dalam komplek Keraton. Museum Keraton ini berisi barang-barang jejak Sultan HAmengkubowono IX dan benda-benda keraton lainnya. 

Selain banyak para abdi dalem yang berjaga di museum. Kamu juga bisa menyaksikan beberapa pagelaran seni di museum

beberapa oleh-oleh yang dapat dibeli saat berkunjung ke yogyakarta seperti: ukiran atau replika Candi Borobudur, gantungan kunci, aksesoris, kerajinan batik kayu, pakaian batik, kain lurik,kaos khas Jogja yang melegenda, makanan khas Jogja dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin souvenir berupa peralatan rumah tangga yang terbuat dari tanah (gerabah), maka kamu harus wajib mampir ke Desa Kepoh!

Itulah beberapa pesona Yogyakarta yang yang dapat kamu kunjungi saat sedang berlibur.